Menikmati Gurih dan Segarnya Pempek Pak Raden ‘Nikmat’

Pempek, sebagai penganan, sudah sangat popular.  Di Palembang, pempek pun biasa dijadikan makanan pokok.  Namun di luar  kota yang dibelah sungai Musi itu, pempek lebih dikenal sebagai cemilan atau sekedar snack.  Bagi peminat produk olahan ikan ini. walaupun cuaca panas terik pun tetap terasa nikmat dan gurih.  Apalagi kalau diolah dengan ikan belida, gabus, atau tenggiri yang segar (bukan bekuan), maka akan sangat terasa kelezatannya.  Rasanya tak lengkap jika sedang berkunjung ke Palembang, tak membawa pempek sebagai buah tangan.

Tapi buat anda yang ingin menikmati pempek Palembang , jangan khawatir.  Tanpa perlu ke Palembang, anda pun bisa menikmati beberapa restoran atau warung di sekitar tempat tinggal.  Termasuk bagi anda yang tinggal di sekitar Jabodetabek.   Salah satu restoran Pempek Palembang, yang mulai merambah ke luar Sumatera Selatan termasuk Jabodetabek adalah “Pak Raden”. Di kota Palembang, Pak Raden termasuk restoran pempek yang awal berdirinya dan punya konsumen tersendiri.

 

Restoran pempek yang berdiri sejak tahun 1980-an ini awalnya memang berasal dari Palembang.  Namun seiring dengan perkembangannya, pempek Pak Raden ini kemudian membuka cabang di Jakarta pada tahun 2000, tepatnya di daerah sekitar Pasar Minggu. “Banyak konsumen kami yang sebagian besar orang Jakarta kesulitan memperoleh produk kami, karena lokasi kami yang hanya ada di Palembang.  Oleh karena itu kami kemudian membuka cabang di Jakarta ini untuk memudahkan konsumen kami menikmati pempek,” ujar Iwan Rifai, pengelola pempek Pak Raden .

 

Menurutnya yang membedakan pempek Pak Raden dengan pempek yang lain adalah penggunaan bahan baku ikan. “Berbeda dengan pempek lainnya, kami menggunakan ikan air tawar sebagai bahan baku utamanya, yakni ikan gabus. Ikan gabus digunakan agar rasa dan aroma khas pempek tidak berbau amis seperti kebanyakan pempek lainnya,” ujarnya.

Proses pembuatan pempeknya sendiri tidak ada perbedaan dengan pempak lainnya, yakni dengan menggiling ikan dan mencampurnya dengan tepung serta bumbu lainnya. “Jangan lupa racikan air cuka untuk bumbu pempek, sebab inilah salah satu poin penting dalam hal rasa,” ujarnya.

 

Berbeda dengan pempek lainnya, saat disantap, pempek Pak Raden terasa “ringan” dan pas dilidah. Tidak amis dan sangat lezat. Apalagi saat irisan ketimun dan bubuk udang rebon bercampur dengan segarnya kuah cuka yang disiram diatas pempek, aduhai nikmatnya. Bagi yang ingin mencoba semua pempek, ada menu gabungan yang disebut pempek campur. Semua pempek yang ada didalam daftar menu bisa kita nikmati dengan porsi yang sesuai dengan perut kita.

Untuk menu minuman jangan khawatir, pempek Pak Raden juga menyediakan aneka ragam minuman mulai dari teh manis, softdrink hingga aneka jus buah-buahan. Es Kacang Merah nan manis menjadi menu jagoan yang paling banyak dipilih orang untuk menemani sajian pempek yang disajikan.

pek terbuat dari bahan baku ikan yang sudah jelas kehalalannya.  Namun bagaimana dengan bumbu yang lainnya?. Iwan Rifai sang pemilik mengaku, sebagai seorang muslim sudah sepatutnya mengkonsumsi makanan halal. “Oleh karena itu kami sengaja mensertifikasi pempek kami untuk menciptakan rasa aman dan nyaman konsumen atas kehalalan pempek yang dimakannya. Toh kita tidak tahu bagaimana bahan-bahan lain diluar ikan tadi, seperti tepung, aneka bumbu dan bahan minuman yang lainnya,” paparnya.

 

Ia memaparkan lebih lanjut, pempek Pak Raden berkembang karena menjaga mutu. Salah satu aspek mutu yang menjadi prioritas kami adalah halal. “Saat ini kami berusaha menjaga konsistensi kehalalan produk yang dihasilkan,  melalui manajemen pengawasan halal yang disebut Sistem Jaminan Halal. Kami tidak ingin status kehalalan produk kami hanya sebatas ketika mendapatkan sertifikat halal saja. ( Tidak hanya) selesai sampai di situ, tapi seterusnya,” urainya lagi.

 

“Dari beberapa cabang pempek Pak Raden saat ini kami baru mensertifikasi 3 gerai kami, yakni yang berada di Jalan Serpong Raya, Fatmawati dan Radio Dalam. Dalam waktu dekat  kami sudah merencanakan sertifikasi halal untuk cabang kami yang lain,” sahutnya.

 

Nah, bagi yang ingin mencicipi pempek nan lezat dan halal jangan lupa untuk mampir dan mengunjungi pempek Pak Radeng. Dijamin bakal penasaran untuk ikut mencoba semua menu yang disajikan. Jangan takut kantong jebol, sebab harga yang ditawarkan pun ekonomis, yakni mulai dari 4 ribu hingga 12 ribu Rupiah saja. Selamat mencoba.

Jln. Raya Serpong Raya No. 68 BSD – Tangerang

  • Jln. Raya R.S. Fatmawati No. 4b Cilandak – Jakarta Selatan
  • Jln. Raya Radio Dalam No. 86D – Jakarta Selatan
  • Jln. Raya Pasar Minggu km 18 No. 28 Pejaten Timur Jakarta Selatan
  • Jln. Pesanggrahan Raya No. 10C Puri Indah Jakarta Barat
  • Jln. Alternatif Cibubur Km 1,5 No. 3-4 Cibubur
  • Jln. Bintaro Utama Raya Blok 04 No. 6 Sektor 1 Bintaro
  • Jln. Cinere Raya No. 99A Cinere
This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s